Get me outta here!

Senin, 18 November 2019

Mengetahui sejarah tentang berdirinya teh celup yang kita minum setiap hari


Seperti teman-teman ketahui bahwa teh adalah salah satu jenis tumbuhan yang kemudian diolah menjadi aneka minuman di Indonesia. Minuman satu ini juga salah satu minuman tradisional yang sudah sangat dikenal dan dekat dengan masyarakat. Hampir semua kalangan bisa menikmatinya. Sebagaimana yang kalian tahu teh sangat cocok dalam segala kondisi apapun, apalagi kalau sudah dicampur dengan es, seolah tidak ada yang bisa menandingi kenikmatannya. Sehingga es teh juga menjadi minuman yang sering dijumpai sebagai teman makan dan teman saat kita berkumpul dengan keluarga, bahkan sekarang ada teh celup yang sudah tinggal kita seduh dan siap kita sajikan.

Sejarah Teh Celup Saat ini banyak sekali teh yang sudah dikemas dengan sedemikian rupa. Selain agar menarik untuk dipasarkan, pengemasan teh tersebut juga memudahkan kita dalam mengolahnya menjadi minuman yang sedap. Salah satu model kemasan teh yang sangat populer hingga saat ini adalah teh celup. Sesuai dengan namanya, kita hanya perlu menyeduhnya dengan cara mencelupkan ke dalam air panas selama beberapa saat.

Hal yang ditawarkan oleh kehadiran teh celup tentu dirasa sangat praktis jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu teh daun atau yang dikenal juga dengan teh bubuk, di mana untuk menyeduhnya kita masih memerlukan penyaringan dan wadah lain untuk menyisihkan sisa rendamannya.

Menurut sejarahnya, teh celup sudah ada sejak lama. Seorang bernama Thomas Sullivan, pedagang kopi dan teh di New York yang kemudian mengirimkan sample teh miliknya kepada para pelanggan menggunakan kantong sutra kecil. Kantong tersebut dipilih karena dinilai lebih ekonomis dibandingkan kalau menggunakan kaleng atau semacamnya.

Tidak disangka, para pelanggan ternyata merasa kalau kemasan tersebut lebih praktis, mereka bisa menyeduh teh dengan mudah dan menikmatinya. Sejak saat itu teh celup mulai populer dan menyebar ke berbagai tempat. Indonesia juga ikut merasakan kemudahan yang diberikan oleh teh celup. Pelopornya tentu saja sebuah merk dagang bernama Sari Wangi.

SariWangi adalah salah satu merek teh di Indonesia yang diperkenalkan pada tahun 1973. Saat itu mereka sudah memperkenalkan teh celup sebagai suatu cara baru untuk minum teh selain teh bubuk. Teh celup SariWangi telah berhasil menempatkan dirinya sebagai merek teh celup terkemuka dan meremajakan pasar teh di Indonesia.

Meski dikemas dalam bentuk yang lebih modern, teh buatan Sari Wangi tidak melupakan manfaat teh itu sendiri. Meminum teh secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, memerangi kepenatan, mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kebugaran tubuh. Selain itu, teh juga dapat dirasakan manfaatnya dalam mempererat hubungan keluarga.

Begitulah cerita singkat tentang sejarah teh celup di Indonesia. Dari masa ke masa cara pengemasan dan penyajiannya banyak mengalami perubahan, misalnya saja dari daun teh sampai menjadi teh celup yang sekarang dapat kita nikmati setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar