Get me outta here!

Kamis, 16 Mei 2019

Ingin Ramadhan Sehat dan Berkah? Yuk Ikuti Tips-tips Berikut

Sebentar lagi bulan ramadhan akan tiba. Saatnya umat islam akan menjalani ibadah yang telah ditunggu-tunggu selama satu tahun ini yaitu berpuasa dan serangkaian ibadah lainnya. Puasa tidak hanya membutuhkan mental dan keimanan yang baik namun juga fisik yang fit. Seharian tidak makan dan minum sementara kita harus tetap melakukan berbagai kegiatan sehari-hari seperti biasa. Ditambah lagi pada malam harinya kita juga harus begadang karena melaksanakan sholat tarawih dan bangun lebih pagi untuk sahur. Tentunya dibutuhkan kondisi kesehatan yang baik sehingga berbagai ibadah selama bulan ramadahan bisa dilaksanakan dengan baik. Untuk itu berikut ada beberapa tips yang bisa anda terapkan sehingga kesehatan tubuh lebih fit dan terjaga selama ramadhan serta ibadah puasa anda lebih berkah. Apa saja tipsnya? Yuk kita lihat satu-persatu.

Konsumsi Makanan Berserat

Seharian tidak makan dan minum tentu akan membuat tubuh terasa lemas. Tubuh yang biasanya mendapat asupan makanan dan minuman 3 kali sehari plus berbagai camilan kini harus ditahan selama lebih dari 12 jam tanpa asupan apapun. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur-sayuran terutama ketika sahur. Seperti diketahui makanan berserat sangat baik untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga anda tidak cepat merasa lapar. Dengan ini anda bisa menjalani ibadah puasa dengan lebih khusyuk. Apalagi ada banyak promo ramadhan 2019 di berbagai toko baik yang konvensional ataupun toko online yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan buah dan sayuran sehat untuk memelihara kesehatan tubuh selama ramadhan.
Berkativitas Seperti Biasa

Meskipun berpuasa membuat tubuh terasa lebih lemas dari biasanya terutama di hari-hari awal bulan ramadhan namun anda tidak disarankan untuk bermalas-malasan apalagi tidur seharian. Hal ini justru membuat tubuh terasa lebih lemas dan tentunya menjadikan ibadah anda selama ramadhan kurang maksimal. Waktu yang bisa digunakan untuk berbuat baik dan beribadah justru dihabiskan dengan tidur-tiduran dan bersantai. Sebaiknya anda tetap beraktivitas seperti biasanya dengan tetap mengukur kemampuan tubuh dalam beraktivitas. Jangan pula beraktivitas terlalu berat yang ujung-ujungnya bisa mengganggu kesehatan.
Berbuka Dengan Makanan Manis dan Secukupnya
Waktu berbuka merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Berbagai hidangan lezat sudah tersedia mulai dari es cendol, buah-buahan, gorengan, aneka kue, dan lain sebagainya. Diantara makanan yang disarankan untuk berbuka adalah buah-buahan seperti kurma karena rasanya manis alami sehingga dapat menambah energi tubuh yang telah terkuras selama berpuasa. Meskipun disarankan mengonsumsi makanan atau minuman manis namun anda juga tidak boleh makan secara berlebihan yang justru dapat membuat kadar gula tubuh meningkat yang tentunya tidak baik bagi kesehatan. Selain itu kekenyangan ketika berbuka juga akan membuat mata mengantuk sehingga ibadah malam lain seperti sholat tarawih menjadi terganggu. Oleh karena itu konsumsilah makanan manis secukupnya ketika berbuka dan lanjutkan dengan makanan berserat dan bernutrisi. Untuk menjaga stok makanan manis atau buah-buahan untuk berbuka anda bisa memanfaatkan promo ramadhan 2019 yang tersedia di berbagai toko online salah satunya ilotte.com sehingga dapat menghemat pengeluaran.
Perbanyak Konsumsi Air Putih

Karena kondisi tubuh yang tidak mendapat asupan apapun termasuk air selama siang hari untuk itu disarankan anda memperbanyak konsumsi air putih di malam hari dan ketika sahur sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi. Sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi minuman manis karena meskipun mengandung air namun kandungan gula di dalamnya justru kurang baik bagi kesehatan. Apalagi ketika berbuka dimana perut sedang kosong dan dikejutkan dengan minuman manis dingin yang terlalu banyak sehingga nantinya kurang berselera mengonsumsi makanan lainnya yang penting untuk menutrisi tubuh.
Hindari Makanan Yang Terlalu Asin dan Berlemak

Untuk lauknya sebaiknya dikombinasikan dan dikreasikan sehingga anda dan keluarga lebih berselera makan serta untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi tubuh. Meskipun demikian hindari mengolah masakan hingga terlalu asin karena kurang baik untuk kesehatan. Selain itu hindari juga konsumsi makanan berlemak secara berlebihan.
Hindari Begadang

Pulang sholat tarawih enaknya memang jalan-jalan keliling kota melihat suasana malam ramadhan atau sekedar mengobrol dengan teman. Namun kondisi fisik yang sudah cukup terkuras selama siang hari serta harus tidur lebih awal untuk sahur menjadikan tubuh perlu istirahat yang cukup. Untuk itu sebaiknya hindari tidur terlalu malam alias begadang. Apalagi bagi anda yang sekolah atau bekerja esok harinya sehingga mengharuskan anda untuk bangun pagi. Kurang tidur dapat membuat tubuh terasa lemas dan lesu di siang hari sehingga tidak bisa beraktivitas dengan lancar dan ibadah menjadi kurang maksimal.
Jangan Membeli Makanan Secara Berlebihan

Ketika siang atau sore hari menunggu saat berbuka rasanya semua makanan dan minuman ingin disantap. Jika tidak kuat hati ingin rasanya membeli semua makanan dan minuman yang mengundang selera. Alhasil aneka makanan dan minuman pun dibeli. Namun sayangnya tidak semuanya mampu dimakan sehingga sebagian menjadi terbuang dan mubazir. Oleh karena itu sebaiknya mulailah berlatih untuk menahan diri. Daripada makanan terbuang karena tidak termakan lebih baik dibelikan makanan berbuka untuk anak yatim dan orang-orang yang kurang mampu.
Mulailah Belajar Berhenti Merokok

Puasa merupakan saat yang tepat untuk berlatih berhenti merokok bagi anda yang telah lama berniat namun tidak juga terlaksana. Kondisi puasa mengharuskan perokok untuk menjauhi rokoknya selama siang hari. Mereka hanya bisa merokok di malam hari. Dengan niat yang kuat anda bisa berlatih berhenti merokok dimulai dari siang hari sehingga frekuensi merokok secara perlahan bisa dikurangi dan mudah-mudahan bisa berhenti total.
Perbanyak Ibadah dan Berbuat Baik

Di bulan ramadhan berbagai ibadah dan perbuatan baik akan dilipatgandakan balasannya sehingga memacu orang untuk lebih banyak beribadah. Untuk itu hal ini tidak boleh disia-siakan. Isilah hari-hari di bulan ramadhan dengan melakukan berbagai ibadah dan kegiatan positif seperti sholat sunat, membaca al-qur’an, belajar agama, belajar ilmu-ilmu baru, membantu orangtua, kerja sosial, dan lain sebagainya. Dengan melakukan kegiatan ini anda akan mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan.
Demikianlah beberapa tips sehat dan berkah selama ramadhan yang bisa anda praktekkan saat ramadhan tiba. Dengan mencoba tips-tips tersebut anda bisa berpuasa dan beribadah dengan lancar dan berkah serta semoga bisa meraih kemenangan di hari yang fitri. Tidak hanya selama ramadhan, tips-tips ini juga ampuh dan baik dilakukan di luar ramadhan sehingga aktivitas tubuh lebih terjaga dan tubuh pun menjadi sehat. Untuk mendukung kelancaran ibadah dan kegiatan selama ramadhan anda bisa memanfaatkan promo ramadhan 2019 di situs penjualan onlne ilotte.com yang menyediakan berbagai barang kebutuhan ramadhan dengan harga yang bersahabat. Di sini anda bisa berbelanja secara mudah dan praktis tanpa perlu repot ke toko-toko. Apalagi di bulan ramadhan dimana kondisi tubuh terasa lemas, lebih baik berbelanja online yang tidak menguras waktu dan tenaga.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus