Get me outta here!

Sabtu, 09 Maret 2019

Bagaimana Cara Mendapatkan Sewa Ruko yang Strategis untuk Berbisnis?



Bagi kalian yang ingin membangun usaha namun tidak memiliki tempat untuk menjalankan proses bisnisnya, mungkin mulai dari sekarang anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan ruko. Info ruko disewakan adalah sebuah pencarian informasi penting bagi pebisnis muda seperti anda. Selain dapat meningkatkan keuntungan usaha yang anda miliki, menyewa ruko sebaga tempat bisnis akan memberi lebih banyak keuntungan. Namun penting diingat untuk tidak sembarangan menyewa ruko. Salah menyewa ruko dapat berakibat bisnis yang anda akan jalankan akan berujung buntung. Kondisi yang demikian tentu disebabkan karena banyak hal, namun salah satunya karena harga sewa.

Sebelum berencana menyewa ruko, cobalah untuk memperhatikan beberapa aspek berikut ini. Beberapa aspek ini tidak bisa dipungkiri akan memengaruhi proses bisnis yang anda jalankan, adapun ketujuh aspek tersebut yaitu sebagai berikut. Aspek yang pertama adalah status legalitas ruko. Masalah legalitas adalah aspek pertama yang paling penting untuk diperhatikan. Cobalah tanyakan mengenai status legalitas status sertifikat ruko kepada pemilik atau penyewa ruko tersebut. Coba cek juga apakah sudah memiliki SHM atau masih HGB. Apabila masih HGB perhatikan masa berlakunya. Tambahan, anda juga perlu memastikan apakah sang pemilik atau penyewa ruko tersebut telah memiliki IMB atau Izin Mendirikan Usaha sehingga ruko tersebut boleh dijadikan sebagai urang usaha.

Aspek yang kedua adalah lokasi ruko. Ketika anda akan menyewa ruko, pastikan anda benar-benar memilih lokasi ruko yang tepat. Perlu diingat, lokasi ruko akan sangat menentukan jumlah pelanggan usaha yang datang. Beberapa pertimbangan ketika akan memilih lokasi sewa ruko di antaranya seperti jenis usaha, tujuan usaha, dan target konsumen. Apabila anda memilih untuk mendirikan usaha kuliner, pilihlah lokasi ruko di sekitar pemukiman warga, gedung perkantoran, ataau sekolah. Dan apabila anda ingin membuka usaha otomotif seperti bengkel, pilihlah ruko yang berada di tepi jalan atau jalan utama. Selain memilih lokasi berdasarkan jenis usaha, anda juga perlu memperhatikan jarak antar ruko dengan tempat tinggal yang anda tinggali. Hal tersebut penting karena anda bisa memperkirakan biaya transportasi yang perlu dikeluarkan setiap harinya. 

Aspek ketiga ketika yang perlu diperhtikan ketika akan menyewa ruko adalah masalah kebersihan dan keamanan. Ruko yang berlokasi strategis tidak akan bisa membawa keuntungan yang cukup apabila keamanan yang dimilikinya buruk. Ketika akan menyewa ruko, pastikan anda benar-benar mencari tahu keamanan area dengan langsung bertanya pada penduduk sekitar. Cari tahu juga frekuensi tindak kejahatan yang terjadi di area tersebut. Perlu diingat, faktor keamanan juga dipengaruhi oleh kondisi alam. Perhatikan apakah area lokasi ruko terssebut memiliki risiko bencana alam seperti banjir, gempa, dan lainnya. Selain keamanan, kebersihan lingkungan juga perlu menjadi perhatian. Kawasan atau area ruko yang terlihat kumuh dapat membuat pelanggan malas untuk berada di dekat usaha anda.

Aspek yang keempat adalah menemukan potensi pasar di lingkungan ruko. Setelah menemukan lokasi yang strategis, berikutnya anda perlu memastikan potensi pasar di kawasan ruko tersebut. Lakukan kunjungan di beberapa lokasi ruko untuk mencari tahu tahu bagaimana tingkat keramaian pengunjung. Selain itu, perhatikan juga berapa banyak usaha seperti bisnis yang anda buka di kawasan tersebut. Apabila ditemukan banyak kompetitor, pelajari apa yang bisa menjadi keunggulan bisnis dibanding dengan yang lain. Setelah mendapatkan data dan yang demikian, segeralah mengambil tindakan sebelum ruko anda sepi oleh pengunjung. 

Menyewa ruko tidak selalu gedung baru, melainkan banyak juga jasa yang menyediakan penyewaan ruko pada gedung yang sebelumnya sudah digunakan. Apabila anda mendapatkan ruko yang telah terpakai, periksa apakah ada bagian yang perlu direnovasi atau tidak. Dengan kondisi yang demikian, aspek kelima yang perlu diperhatikan ketika akan menyewa ruko adalah terkait masalah dan fasilitas ruko. Ketika akan memilih ruko, pahami terlebih dahulu apa saja yang bakal menjadi hakmu sebagai penyewa. Secara umum fasilitas yang mencakup daya listrik meliputi daya listrik, dapur, air, parkir, dan sebagainya. Pertimbangkan juga apakah ruko tersebut menyediakan fasilitas wajib yang sesuai dengan bisnis anda. Contohnya ketika anda ingin membuka usaha coffe shop, maka fasilitas yang perlu anda sediakan adalah wiffi. Sedangkan aspek yang terakhir yaitu terkait dengan waktu dan harga sewa. Ketika anda akan menyewa ruko, pemilik ruko biasanya akan memberikan informasi seputar harga beserta tanggal pembayarannya. Umumnya, ruko memiliki masa sewa minimal tiga tahun dengan sistem pembayaran di muka. Uang muka yang dibayarkan untuk satu sampai dua tahun pertama. Apabila anda belum yakin dengan potensi ruko yang anda sewa, cobalah untuk bernegoisasi agar dapat membayar maksimal untuk tiga hingga enam bulan pertama. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat mengambil tindakan cepat apabila usaha yang anda bangun tidak progresif.

0 komentar:

Posting Komentar