Get me outta here!

Selasa, 18 Desember 2018

Merasakan Gurih dan Enak Nya Sate Tiram Dipulau Cemara

Tiram di restoran biasanya disajikan segar atau mentah dengan kucuran air jeruk lemon. Tetapi di Brebes tiram segar dibuat sate yang gurih enak.

Tiram adalah jenis mulusca atau binatang lunak yang banyak ditemui di laut. Binatang ini mudah ditemukan dan kerap menempel di benda benda yang selalu terendam di air laut.

Daging tiram juga enak dijadikan sate dengan cocolan sambal kecap. Salah satu tempat yang menjajakan sate tiram adalah kawasan wisata Pulau Cemara di Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari.
Di Pulau Cemara ini, beberapa warung banyak tampak berjejer menyuguhkan beragam makanan laut, salah satunya adalah sate tiram. Sate tiram dari Pulau Cemara ini memiliki berbeda dengan daerah lain. Karena tiram yang dipakai sebagai bahan baku sate, diambil langsung dari laut dalam keadaan hidup sehingga masih sangat segar.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sawojajar, Masfui menjelaskan, Pulau Cemara memiliki keanekaragaman hayati. Selain ikan, pulau ini juga banyak dihuni tiram.

Pemilik warung bisa dengan mudah menemukan binatang ini di area pulau ini. "Cukup dengan membawa ember dan alat bantu golok, tiram dengan mudah didapat," ujar Masfui, ditemui di lokasi Pulau Cemara.

Tiram yang akan dibuat sate ini kemudian dibersihkan dari kotoran. Setelah itu direbus agar daging tiram mudah dilepaskan dari cangkangnya. Selanjutnya, tiram ditusuk dengan tusukan sate dan siap untuk dibakar.

Setelah dibakar dengan api arang batok kelapa, tiram siap dihidangkan. Menu ini cocok disandingkan dengan nasi putih hangat dan sambal kecap. Sate tiram ini banyak disukai oleh wisatawan. Umumnya mereka penasaran ingin mencicipi masakan tersebut.

Radit Jones (36) salah seorang pengunjung Pulau Cemara mengatakan, saat moment libur tahun baru ini sengaja datang untuk menikmati kuliner sate tiram. Sebagai pencinta makanan laut, Radit mengaku jarang menyantap tiram.

"Apalagi sate tiram, sama sekali belum pernah. Makanya sengaja datang ke sini. Rasanya memang beda dan lebih lezat dengan bumbu sambal kecap," ucapnya di sela mencicipi menu ini.

Harga yang dibandrol pun sangat terjangkau. Satu paket hemat terdiri dari sate 10 tusuk, nasi dan es teh hanya Rp 25.000 saja. Rasa daging tiram yang gurih sedikit kenyal enak dimakan dengan rasa pedas manis sambal kecap. Makanya banyak orang ketagihan lezatnya!

0 komentar:

Posting Komentar