Get me outta here!

Jumat, 14 Desember 2018

Beberapa Cara Aman Yang Bisa Di Gunakan Saat Membersihkan Telinga

Kotoran telinga atau yang memiliki istilah ilmiah yaitu cerumen sebenarnya merupakan sistem pertahanan telinga untuk menangkap kotoran, debu, atau bakteri yang akan masuk ke telinga. Zat ini disekresikan oleh kelenjar kecil di saluran telinga yang jika terakumulasi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bau, dan gatal sehingga perlu dibersihkan.

Nah, membersihkan telinga bisa dibilang tricky. Bisa jadi kamu malah akan mendorong kotoran telinga masuk terlalu dalam dan bisa menimbulkan infeksi.

Lalu, bagaimana cara membersihkan kotoran telinga secara aman? ni dia caranya.

1. Hidrogen peroksida
Membersihkan kotoran telinga dengan hidrogen peroksida sebenarnya aman untuk dilakukan, meski dari namanya terdengar menakutkan. Komponen ekstra oksigen di dalamnya akan membantu melarutkan kotoran telinga dengan cepat dan mencegah infeksi.

Ambil kapas dan celupkan di dalam cairan ini. Lalu bersihkan telingamu secara perlahan.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat berguna untuk membersihkan kotoran telinga karena kandungan asam lemak dalam kadar sedangnya. Minyak ini juga membantu melawan infeksi dan berbagai bakteri di telinga.

Cukup panaskan sedikit minyak kelapa. Setelah hangat, teteskan sedikit di dalam telinga dan biarkan mengendap selama 5 menit. Lalu bersihkan dengan kapas.

3. Alkohol
Campuran cuka dan alkohol juga membantu melarutkan kotoran telinga dan melindungi telinga dari infeksi.

Campur kedua larutan ini lalu bersihkan dengan kapas secara lembut.

4. Minyak almond
Kamu juga bisa menggunakan minyak almond untuk membersihkan kotoran telinga yang mengeras. Minyak ini akan melembutkan kotoran telinga. Teteskan minyak almond, lalu tunggu beberapa saat, dan bersihkan telingamu.

5. Baby oil
Membersihkan telinga dengan baby oil adalah cara yang umum untuk dilakukan. Masukkan beberapa tetes baby oil ke dalam telinga. Lembutnya minyak ini akan secara otomatis membersihkan kotoran telinga.

6. Baking soda
Baking soda merupakan salah satu cara alami untuk membersihkan telinga. Sifat antiseptik di dalamnya tak hanya berfungsi untuk melembutkan kotoran telinga, namun juga mencegah infeksi bakteri.

Campur setengah sendok teh baking soda dengan air. Lalu teteskan campuran ini di telinga. Tunggu beberapa saat dan bersihkan telingamu dengan kain lembut.

7. Air garam
Air garam membantu melarutkan kotoran telinga secara efisien. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dengan air. Kemudian rendam kapas di dalamnya dan teteskan di telinga. Miringkan kepalamu dan biarkan air keluar bersama dengan kotoran telinga tersebut.

8. Minyak zaitun
Minyak zaitun juga sangat membantu dalam melembutkan kotoran telinga yang mengeras sehingga menjadikannya mudah untuk dibersihkan. Selain itu, sifat anti bakteri di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan telinga.

9. Minyak bawang putih
Memang terdengar aneh. Namun ternyata kamu bisa memanfaatkan minyak bawang putih untuk membersihkan telinga. Kandungan allicin di dalamnya bisa mencegah serangan bakteri penyebab infeksi telinga dan membantu mengatasi nyeri telinga yang terjadi.

Cara membersihkan telinga dengan minyak bawang putih sama seperti penggunaan minyak berbahan alami lainnya.

10. Gliserin
Gliserin mengandung bahan aktif yang mampu melunakkan kotoran telinga dan melembabkan telinga sesudahnya. Tuangkan beberapa tetes gliserin ke dalam telinga dan tunggu selama semalaman. Kemudian kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya.

Namun, bagi sebagian orang penggunaan gliserin untuk membersihkan telinga tidaklah cocok.

Itulah beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk membersihkan telinga secara aman dan nyaman. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar